Top Social

Kilas Buku: Seribu Kerinduan - Tebak SS 2013

|
Halo, apa kabar lagi? Sudah siap untuk mengulas buku dari Santa dan menebak siapa dirinya? Hehe. Wah tampaknya kalian semua sudah siap nih. Begitu juga saya.
Baiklah, pertama sekali, pastinya saya akan mengulas buku pemberian Santa terlebih dahulu. Sebenarnya ini adalah buku kedua dari santa yang saya ulas, sebelumnya saya sudah pernah mengulas Savvy, buku pertama dari santa disini.

Judul: Seribu Kerinduan
Pengarang: Herlina P. Dewi
Genre: Romance
Penerbit: Stiletto Book, 2013
Tebal: 249 halaman
Renata, seorang fashion editor dengan karier cemerlang di kantornya, harus pasrah pada keadaan. Setelah berpisah dengan Panji, lelaki yang sudah dipacari selama empat tahun karena perjodohan biadab itu, dia pergi ke semua tempat yang pernah mereka singgahi untuk menelusuri jejak-jejak kebersamaan. Hidup menjadi sangat membosankan baginya, karena hari-harinya kini hanya dihabiskan untuk mengenang Panji. Dia pun lantas memilih menjadi pelacur, karena dengan profesi barunya itu, dia kembali merasa dicintai, dihargai, dibutuhkan, dan disanjung.

Namun, ia sadar, menjadi pelacur hanyalah sebuah persinggahan sebelum dia benar-benar melanjutkan hidup sesuai dengan keinginannya. Lantas, kehidupan seperti apa yang sebenarnya ingin dijalaninya? Tanpa Panji? Bisakah? (goodreads)

Saya suka romance, namun tidak terlalu menggandrunginya. Terkadang saya agak 'muak' dengan cerita romantis yang terlalu drama, namun kadang pun saya senang didongengi dengan cerita-cerita seperti itu. Seperti terkadang saya masih senang dengan cerita cinderella yang menurut saya cerita seperti itu kelihatan sekali khayalannya.

Syukurlah ketika membaca buku ini, mood saya sedang bagus yang membuat saya terpikat dengan ceritanya. Kehidupan Renata dan pernak pernik permasalahannya membuat saya penasaran. Sebenarnya yang menjadi daya tarik adalah perasaan Renata terhadap Panji setelah kekasihnya itu pergi. Sebagai seorang perempuan, saya juga ikut prihatin terhadap Renata. Namun saya juga sekaligus sebal dengan sikap Renata yang lemah, sampai harus ikut hancur lebur hanya dengan ditinggal seorang kekasih. Kalau saya jadi sahabat Renata, saya ingin sekali menyodorkan lagu Emilia untuk didengarkan.
I'm a big big girl
in a big big world
it's not big big thing if you leave me (Big Girl)
Namun, perasaan orang siapa yang tahu sih. Ada sebagian yang bisa move on, ada juga yang kesulitan. Dan Renata adalah salah satu dari kategori yang kedua. Dan parahnya ia sampai menjadi pelacur, meski sebenarnya hal itu dipicu oleh sebuah kondisi yang menyebabkan dirinya kehilangan keperawanan.

Saya melihat Renata sebagai fenomena seorang perempuan yang rapuh. Jika saja dirinya mampu menerima keadaan dengan lebih tegar, mungkin ia tidak akan seperti itu; melacurkan diri karena terlanjur sakit hati dan kehilangan keperawanan bukan oleh pacar sendiri. Menerima keadaan memang tidak mudah dan tidak akan pernah menjadi mudah. Namun orang-orang yang sanggup mengendalikan kondisinya, akan menjadi orang yang patut diacungi jempol. Karena orang yang kuat justru adalah orang-orang yang bersabar dan mampu bersyukur.

Interesting Cover!
Dilihat dari sampul dan desainnya, novel ini sudah memikat para pembaca sejak awal. Ilustrasinya sendiri sudah menyimpulkan bahwa novel ini berisi kisah percintaan yang tidak bisa dibilang mulus. Gambar seorang wanita yang menanti dalam hujan sudah cukup mewakili.

The Content
Redaksi novelnya sendiri sudah baik menurut seorang pembaca awam seperti saya. Konsep cerita juga menarik. Namun sayangnya ada salah pengetikan. Tak apa juga sebenarnya, namun ... hemm.. mengganggu sekali jika cerita ini sudah dikemas dalam bentuk novel. Untuk kesalahan ketik, bisa dilihat pada halaman 148, kata 'seolah' tertulis menjadi 'seoalah'.

Satu lagi yang saya ingin komentari, yakni soal Dion, the only man yang telah mengambil keperawanan Renata ketika wanita itu mabuk. Menurut saya, hubungan antara Dion dan Renata tidak sesedarhana itu. Kayaknya nggak mungkin Dion tidak ada secuil perasaan pun kepada Renata dan begitu juga Renata kepada Dion. Kenapa ada perasaan? Ya karena lelaki itu (terlepas ia yang mengambil keperawanan Renata) sudah begitu baik kepada seorang perempuan yang sedang terpuruk. Ia terbilang cukup perhatian dan bahkan sangat mencemaskan Renata. Seharusnya hubungan antara Renata dan Dion bisa dikembangkan lagi menjadi konflik baru.

Oke akhirnya saya bilang cerita ini lumayan oke. Namun sayangnya penyelesaian konfliknya terlalu sederhana dan ada kesan penulis terburu-buru untuk menyelesaikan konflik. Padahal, seperti yang sudah saya bilang diatas, ada banyak bibit-bibit konflik yang menarik untuk dikembangkan lebih jauh.



Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
IRRC 2014 Sulis
Lucky No. 14 Mbak Astrid
New Author RC Ren


Siapa Santa saya?


So, hey, jadi siapa santa saya?? xD
Ayo tebak dulu, silakan.. :D
Oke langsung saja kita analisa riddle dari santa.



Anagram!! Hah, sebenarnya anagramnya gampang banget, JIKA kita sudah mengetahui apa nama dan makna lambang yang diberikan.

Awalnya saya mengira lambang tersebut ada kaitannya dengan immortal instrument. Namun setelah saya ubek sana sini dan berusaha mencocokkan lambang diatas dengan salah satu lambang immortal rune, saya berpikir bahwa kedua hal tsb berbeda. Gambarnya jelas tidak mirip.

Kemudian salah seorang teman kerja saya memberi clue bahwa gambar diatas adalah Othala Rune, yang merupakan lambang dari Neo-NAZI. Wah, betapa clue yang mencerahkan. Terbukti ketika saya ketik kata kunci itu, banyak gambar yang persis keluar di halaman google. Sayangnya saya belum menemukan hal yang benar-benar tepat. Karena jika namanya Otala, agak kacau hasil anagramnya nanti. Tidak ada nama yang tepat dari nama Othala. Meski begitu saya tetap berterima kasih kepada pak Bino atas clue-nya. Big thanks, sir!!

Jadi apa itu OTHALA RUNE?
Othala means rune of heart and home, family, estate, homeland, and acquisition.
Nah apa tuh maksudnya hahahha. Saya sempet mikir ini artinya lambang kuno yang mengarah kepada tanah air. Indonesia tanah air beta?? :D

Entah bagaimana, terbersit dalam pikiran saya untuk mencari nama Odin Rune. Voila! Eureka!! Saya menemukan situs yang memiliki gambar sama persis dengan gambar yang diprint untuk dijadikan riddle tsb. Bahkan potongan garis yang terdapat dalam gambar pun juga sama persis. Coba cek situs berikut: http://norsewiki.webs.com/apps/photos/photo?photoid=126593394 

Odin adalah pemimpin para dewa menurut mitor Nordic. Dan menurut situs yang menjelaskan tentang Old Rune, disebutkan bahwa Odin adalah penemu lambang-lambang kuno mitologi orang-orang Norwegia.

Odin finds Odin Rune
Nah, Odin! Baiklah, sekarang mari kita cari anagram dari Odin.

O-D-I-N
D-I-O-N

Well, gimana? Apakah benar tebakan saya? :)
15 comments on "Kilas Buku: Seribu Kerinduan - Tebak SS 2013"
  1. mari menunggu pengakuan odin XD

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwk dion ada panggilan baru nih...cieee odinn *ikut2an mba dewi*

    ReplyDelete
  3. Wow cool... aku baru ngeh itu lambang apa. Semoga mas dion, eh salah mas/mba Odin segera reveal his/her identity

    ReplyDelete
  4. Wuahahhaha balik lagi ke sini besok ah :D

    ReplyDelete
  5. Nice riddle! Semoga bener tebakannya :)

    ReplyDelete
  6. odin oh odin, keren ih dion ridelnya #ikutanpedeajabenerandion

    ReplyDelete
  7. Pas banget ya di bukunya ada tokoh namanya Dion :x

    ReplyDelete
  8. mas Odin? wkwkwkw, ada yang dapat julukan baru.
    Ini kayanya cukup rekomen sebagai romens ya? agak dark gitu kesannya

    ReplyDelete
  9. jadi dion yg raping renata? kuwi sopo, yooon? #syok

    udah nyungsep duluan deh kalo riddlenya kode2 yang tidak dikenali begini xD

    semoga benar, dhila *uhuk**

    ReplyDelete
  10. Halo dhila, selamat tebakanmu benar yeyeyeyeye alalalala (Dion)

    ReplyDelete
  11. Huakakakaka... Dion raping Renata? Duh, Kang Opan kau taro mannaaa? #salahfokus...


    Selamat, Dhila... Sudah wara wiri nyari misteri si Dewa Odin :D

    ReplyDelete
  12. Ini riddle termasuk yang bikin mikir ya :D klo aku yg dapat malah mungkin ga kepikiran kesana. :D

    Rasanya puas banget kan dhil bisa mecahin riddlenya? :D

    ReplyDelete
  13. hahahaha, pantes aja Dila sering nyebut Dion dengan Odin =))

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature